Program CSR Bagi Masyarakat

Uncategorized 0 Comments

CSR atau yang merupakan kepanjangan dari Corporate Sosial Responbility ialah suatu mekanisme dari sebuah perusahaan yang berfungi untuk mengintegrasikan perhatian yang ada padanya terhadap lingkungan sosial ke dalam sebuah operasi dan juga interaksi yang dilakukannya dengan stakehilder secara sadar yang juga melampaui tanggung jawab sosial khususnya dalam bidang hukum. Sederhanya CSR yang dimaksud ialah sebuah konsep dan juga tindakan yang biasanya dilakukan oleh sebuah perusahaan karena adanya sebuah rasa tanggung jawab terhadap sosial dan juga lingkungan yang ada di sekitar mereka dimana perusahaan tersebut berlokasi.

Contohnya seperti dengan melaksanakan suatu macam kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan dari masyarakat maupun penduduk yang ada di sekitar, dengan menjaga lingkungan sekitar, dan juga dengan memberikan sebuah beasiswa pendidikan pada masyarakat sekitar yang kurang mampu, atau dengan membangun fasilitas umum, dan juga memberikan beberapa bantuan berupa dana maupun kebutuhan pokok untuk masyarakat sekitar.

Pada umumnya program CSR ialah bentuk tanggung jawab dari sebuah perusahaan terhadap stakeholder maupun pemangku kepentingan. Menurut para ahli CSR sendiri mempunyai 3 definisi, yaitu melakukan sebuah tindakan sosial, salah satunya adalah tentang kepedulian terhadap lingkungan hidup yang diwajibkan dalam peraturan perundangan-undangan yang ada. Lalu sebuah komitmen usaha yang dilakukan dengan etis, melakukan operasi secara resmi, kemudian dapat berkontribusi lebih terhadap peningkatan ekonomi yang juga di iringi oleh peningkatan kualitas hidup para karyawan termasuk juga keluarganya, komunitas lokal, dan masyarakat luas lainnya.

Komitmen bisnis tersebut harus turut berkontribusi dalam meningkatkan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan, dan juga bekerja dengan para karyawan perusahaan, para keluarga karyawan, dan lainnya untuk dapat meningkatkan kualitas hidup bersama. Lalu apa saja fungsi dari CSR sebagai bentuk tanggung jawab terhadap berbagai pihak yang terlibat? Beberapa fungsinya ialah:

1. Izin Sosial untuk Beroperasi. Bagi perusahaan, masyarakat sendiri ialah salah satu faktor yang turut mengambil andil dalam membuat perusahaan semakin berkembang atau tidak. Dengan CSR, maka masyarakat sekitar pun akan memperoleh manfaat dari perusahaan. Hal ini pun akan menguntungkan masyarakat sekitar. Sehingga merka pun akan semakin loyal dengan perusahaan tersebut. Sehingga perusahaan akan lebih leluasa dalam menjalankan bisnisnya.

2. CSR Akan Melebarkan Akses Sumber Daya. CSR sendiri jika dikelola dengan sangat baik maka akan menjadi sebuah keunggulan tersendiri dan juga akan memudahkan perusahaan untuk memeproleh sumber daya yang dibutuhkan.

3. CSR Bisa Memperkecil Resiko dari Bisnis Perusahaan. CSR akan dapat membuat hubungan di antara perusahaan dengan berbagai pihak yang terlibat menjadi lebih baik, sehingga akan lebih mudah mengatasi resiko bisnis seperti kerusuhan.

4. CSR Lebih Memudahkan Akses Menuju Market. Semua investasi dan juga seluruh dana yang telah dikeluarkan untuk program CSR akan dapat menjadi sebuah peluang yang sangat baik untuk memperoleh market yang lebih besar. Salah satunya ialah dapat membangun loyalitas dari para konsumen dan juga bisa menembus mangsa pasar yang baru. Hal tersebut juga dikarenakan program dari CSR yang dapat membuat nama maupun brand perusahaan dan membuatnya menjadi lebih terkenal serta semakin di kagumi oleh masyarakat luas.

5. CRS Dapat Memperkecil Biaya Pengeluaran Yang Dibutuhkan. Program CSR pun dapat menghemat biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan misalnya dengan menerapkan konsep daur ulang di dalam perusahaan tersebut. Sehingga semua limbah yang dihasilkan pun akan semakin berkurang danuntuk biaya produksinya pun akan semakin berkurang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *